Thursday 25 October 2012

SAAT 2 HARI RAYA BERTEMU ( HARI JUM’AT & IDHUL ADHA)

 


Spesial karena hari raya idhul adha 1433 H jatuh pada hari jum’at, namun terkadang masih banyak di atara kita yang belum faham jika kondisi ini terjadi apakah kita sholat jum’at atau tidak ?? berikut penjelasanya:
Ibnu Abbas ra berkata bahwa Rasulullah bersabda,
 "Telah berkumpul dua hari raya pada hari kalian ini, maka barangsiapa yang hendak meninggalkan Jum'at–itu sudah mencukupinya, namun kami menggabungkannya, insyaa Allah." (HR.  Ibnu Majah)
Dari Abu Ubaid, ia berkata,  "Aku telah menyaksikan dua hari raya bersama Utsman bin Affan saat itu hari Jum'at, maka beliau shalat sebelum khutbah, lalu berkhutbah, lalu berkata, "Wahai manusia, sesungguhnya ini adalah hari yang berkumpul padanya dua hari raya, maka barangsiapa yang ingin menunggu shalat Jum'at dari penduduk desa-desa maka dia boleh menunggunya, dan barangsiapa yang ingin kembali maka aku telah mengizinkannya." (HR. Bukhari dan Imam Malik)
Ali bin Abi Thalib ra berkata mengenai berkumpulnya dua hari raya,
" Barangsiapa yang ingin menggabungkan, maka dia boleh menggabungkan, dan barangsiapa yang ingin duduk (dirumahnya), maka dia boleh duduk."  (HR. Abdur Razaq dalam Al-Mushannaf dan Ibnu Abi Syaibah)
Dan hadits Atha' bin Abi Rabah yang berkata,
"Telah shalat bersama kami–Ibnu Zubair—di hari raya pada hari Jum'at pada awal siang. Lalu kami datang untuk shalat Jum'at, namun beliau tidak keluar bersama kami, maka kamipun shalat sendiri, dan ketika itu Ibnu Abbas sedang berada di Thaif. Ketika kami datang, maka kami ceritakan hal itu kepada beliau, beliau lalu berkata, "Ia telah menepati sunnah." (HR. Abu Dawud)
 Iyas bin Abi Ramlah asy-Syami berkata, "Saya menyaksikan Muawiyyah bin Abi Sufyan bertanya kepada Zaid bin Arqam, "Pernahkah engkau mengalami dua hari 'id berkumpul (yaitu shalat 'id dengan shalat Jum'at) di masa Rasulullah?" Zaid bin Arqam berkata, "Pernah." Muawiyyah bertanya lagi, "Apa yang beliau lakukan?" Zaid menjawab,
صَلىَّ النَّبِيَّ صَلَّ الله عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ الْعِيْدَ ثُمَّ رَخَّصَ فِي الْجُمُعَةِ ثَمَّ قَالَ: مَنْ شَاءَ أَنْ يُصَلِّيَ فَلْيُصَلِّي.
Artinya, "Nabi saw melakukan shalat dua hari raya, kemudian beliau memberi kemurahan pada shalat Jum'at seraya bersabda, "Barangsiapa hendak melakukan shalat (Jum'at) lakukanlah." (HR. Ahmad, Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasa'i, dan Ibnu Majah)
  1. Bagi kaum mu'minin yang telah melaksanakan shalat 'id, maka diberikan rukhshoh (keringanan) untuk tidak melaksanakan shalat Jum'at, namun wajib menggantinya dengan shalat dzuhur.
  2. Bagi kaum mu'minin yang tidak melaksanakan shalat 'id, maka ia tetap berkewajiban untuk melaksanakan shalat Jum'at.
  3. Tidak ada keringanan bagi panitia masjid yang biasa menyelenggarakan shalat Jum'at dan imam shalat Jum'at untuk meliburkan aktifitas ini. Hal ini dimaksudkan untuk memberi kemudahan kepada kaum mu'minin yang tetap berkeinginan untuk menunaikan shalat Jum'at meski telah mendapat keringanan untuk menggantinya dengan shalat dzuhur, dan terutama diperuntukkan bagi kaum mu'minin yang tidak melaksanakan shalat 'id.
  4. Pada keadaan ini, maka kumandang adzan hanya diperdengarkan di masjid-masjid yang tetap melaksanakan penyelenggaraan shalat Jum'at.
For You

0 comments:

Post a Comment

ila Online - Just For Fun
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Site Search